Motor Bakar
Pengertian motor bakar
Motor bakar adalah mesin yang menggunakan energi panas untuk melakukan gerak
mekanik, yaitu dengan cara merubah energi kimia dari bahan bakar
menjadi energi panas, dan menggunakan energi tersebut untuk melakukan gerak mekanik
Jenis motor bakar berdasarkan proses pembakaran bahan bakar
• Motor bakar luar
• Motor bakar dalam
Motor bakar luar
Pada motor pembakaran luar proses pembakaran bahan bakar terjadi di luar mesin, sehingga untuk melaksanakan pembakaran digunakan alat
tersendiri. Panas dari hasil pembakaran bahan bakar tidak langsung
diubah menjadi tenaga gerak, tetapi terlebih dulu melalui media
penghantar, baru kemudian diubah menjadi tenaga mekanik. Misalnya pada
ketel uap dan turbin uap.
Motor bakar dalam
Pada
motor pembakaran dalam, proses pembakaran bahan bakar terjadi di dalam
mesin, sehingga panas dari hasil pembakaran langsung bisa diubah menjadi
tenaga mekanik. Misalnya : pada turbin gas, motor bakar torak dan mesin propulasi pancar gas.
Komponen motor bakar dalam (motor bakar torak)
- Torak/ Piston
- Batang Torak
- Pena torak
- Ring torak
- Poros engkol
- Blok silinder
- Kepala silinder
Torak/ piston
Torak
adalah komponen yang meneruskan tenaga dari hasil pembakaran menjadi
tenaga mekanik. Pada umumnya torak/piston dibuat dari paduan aluminium,
selain lebih ringan,radiasi panasnya juga lebih efisien dibanding dengan
materi lainnya
Batang torak
Komponen penghubung torak dan poros engkol.
Pena torak
Pena torak (piston pin) menghubungkan torak dengan bagian ujung yang kecil (small end) pada
batang torak. Pena torak berlubang didalamnya untuk mengurangi berat
yang berlebihan dan kedua ujung ditahan oleh bushing pena torak (piston pin boss)
Ring torak/piston
Pegas torak (piston ring) di pasang dalam alur ring (ring groove) pada torak. Pegas torak memiliki 3 peranan penting :
• Pegas
kompersi (compression ring) berfungsi untuk mencegah kebocoran campuran
udara dan bensin, dan gas pembakaran dari ruang bakar ke bak engkol
selama langkah kompersi usaha
• Pegas
pengontrol oli (oil control ring) diperlukan untuk membentuk lapisan
oli (oil film) antara torak dan dinding silinder.Selain itu juga untuk
mengikis kelebihan oli untuk masuknya oli kedalam ruang bakar
• Celah ujung pegas diperlukan untuk memindahkan panas dari pegas torak untuk menjaga koefisien gesek pegas torak dan dinding silinder
Poros engkol
Komponen yang berfungsi untuk merubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar.
Blok silinder
Blok
silinder merupakan inti dari pada mesin, yang terbuat dari besi tuang.
Blok silinder merupakan tempat bergeraknya piston/torak dalam pembakaran
bahan bakar, dan tenaga panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan
bakar diubah kedalam tenaga mekanik dengan adanya gerak naik-turun torak
dalam silinder.
Kepala silinder
Tidak ada komentar:
Posting Komentar