Motor Bakar


Pengertian motor bakar
Motor bakar adalah mesin yang menggunakan energi panas untuk melakukan gerak mekanik, yaitu dengan cara merubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi panas, dan menggunakan energi tersebut untuk melakukan gerak mekanik
Jenis motor bakar berdasarkan proses pembakaran bahan bakar
         Motor bakar luar
         Motor bakar dalam
Motor bakar luar
Pada motor pembakaran luar proses pembakaran bahan bakar terjadi di luar mesin, sehingga untuk melaksanakan pembakaran digunakan alat tersendiri. Panas dari hasil pembakaran bahan bakar tidak langsung diubah menjadi tenaga gerak, tetapi terlebih dulu melalui media penghantar, baru kemudian diubah menjadi tenaga mekanik. Misalnya pada ketel uap dan turbin uap.



Motor bakar dalam
Pada motor pembakaran dalam, proses pembakaran bahan bakar terjadi di dalam mesin, sehingga panas dari hasil pembakaran langsung bisa diubah menjadi tenaga mekanik. Misalnya : pada turbin gas, motor bakar torak dan mesin propulasi pancar gas.


Komponen motor bakar dalam (motor bakar torak)
  1. Torak/ Piston
  2. Batang Torak
  3. Pena torak
  4. Ring torak
  5. Poros engkol
  6. Blok silinder
  7. Kepala silinder

Torak/ piston
Torak adalah komponen yang meneruskan tenaga dari hasil pembakaran menjadi tenaga mekanik. Pada umumnya torak/piston dibuat dari paduan aluminium, selain lebih ringan,radiasi panasnya juga lebih efisien dibanding dengan materi lainnya

Batang torak
Komponen penghubung torak dan poros engkol.

Pena torak
Pena torak (piston pin) menghubungkan torak dengan bagian ujung yang kecil (small end) pada batang torak. Pena torak berlubang didalamnya untuk mengurangi berat yang berlebihan dan kedua ujung ditahan oleh bushing pena torak (piston pin boss)

Ring torak/piston
Pegas torak (piston ring) di pasang dalam alur ring (ring groove) pada torak. Pegas torak memiliki 3 peranan penting :
         Pegas kompersi (compression ring) berfungsi untuk mencegah kebocoran campuran udara dan bensin, dan gas pembakaran dari ruang bakar ke bak engkol selama langkah kompersi usaha
         Pegas pengontrol oli (oil control ring) diperlukan untuk membentuk lapisan oli (oil film) antara torak dan dinding silinder.Selain itu juga untuk mengikis kelebihan oli untuk masuknya oli kedalam ruang bakar
         Celah ujung pegas diperlukan untuk memindahkan panas dari pegas torak untuk menjaga koefisien gesek pegas torak dan dinding silinder

Poros engkol
Komponen yang berfungsi untuk merubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar.

Blok silinder
Blok silinder merupakan inti dari pada mesin, yang terbuat dari besi tuang. Blok silinder merupakan tempat bergeraknya piston/torak dalam pembakaran bahan bakar, dan tenaga panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar diubah kedalam tenaga mekanik dengan adanya gerak naik-turun torak dalam silinder.

Kepala silinder
Kepala silinder(cylinder head) di tempatkan dibagian atas blok silinder. Pada bagian bawah kepala silinder terdapat ruang bakar dan katup-katup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar