Tips Praktik Merawat Mesin Sepeda Motor
Tips ini telah saya praktekkan bertahun
tahun khususnya ke mesin motor saya dan hasilnya memang memuaskan (dan
ini juga mungkin dapat anda lakukan pada mesin mobil anda). Yang utama
dan perlu diperhatikan dalam perawatan terhadap mesin motor anda ada 2
hal:
1. Bensin/ bahan bakar.
Saran saya JANGAN PERNAH BELI BENSIN OPLOSAN. Belilah bahan bakar untuk motor anda di SPBU resmi. Kalau memang emergency sekali maka itu tidak apa2 (asal jangan emergency terus2an ya ). Segera buang (di-drain) dan diganti begitu kita telah mendapatkan/ membeli bensin dari SPBU resmi. Bensin Oplosan biasanya sudah turun nilai oktannya karena telah dicampur dengan unsur lain (biasanya minyak tanah). Kalau nilai oktan sudah turun mengakibatkan pembakaran jadi tidak sempurna dan meninggalkan kerak di kepala silinder dari mesin motor/ mobil anda. Apabila telah terbentuk kerak maka akan menyebabkan mesin anda menurun performanya. Kalau dipakai terus menerus biasanya mesin akan menggelitik dan bergetar. Ada baiknya anda membaca manual yang menyertai motor anda. Disitu biasanya diterangkan bahan bakar dengan nilai oktan berapa yang bagus/ optimal untuk mesin motor anda.
Saran saya JANGAN PERNAH BELI BENSIN OPLOSAN. Belilah bahan bakar untuk motor anda di SPBU resmi. Kalau memang emergency sekali maka itu tidak apa2 (asal jangan emergency terus2an ya ). Segera buang (di-drain) dan diganti begitu kita telah mendapatkan/ membeli bensin dari SPBU resmi. Bensin Oplosan biasanya sudah turun nilai oktannya karena telah dicampur dengan unsur lain (biasanya minyak tanah). Kalau nilai oktan sudah turun mengakibatkan pembakaran jadi tidak sempurna dan meninggalkan kerak di kepala silinder dari mesin motor/ mobil anda. Apabila telah terbentuk kerak maka akan menyebabkan mesin anda menurun performanya. Kalau dipakai terus menerus biasanya mesin akan menggelitik dan bergetar. Ada baiknya anda membaca manual yang menyertai motor anda. Disitu biasanya diterangkan bahan bakar dengan nilai oktan berapa yang bagus/ optimal untuk mesin motor anda.
2. Oli.
Ini merupakan komponen terpenting ke-dua yang mesti diperhatikan. Fungsi oli itu kurang lebih adalah sebagai cleaning, cooling, cushioning, and lubrication. Disini saya tidak akan membahas fungsi2 itu secara detail. Rekomendasi dari pabrik untuk penggantian oli mesin adalah sekitar 2000 sampai dengan 2500 km (besaran bervariasi tergantung merk motor). Kalau berdasarkan pengalaman dan yang telah saya praktekkan, maka saya melaksanakan penggantian oli mesin setiap 1200 s.d. 1700 km. Walah… bukannya kalau kaya gitu jauh lebih boros? Weits ntar dulu…kenapa? Karena jakarta atau kota2 besar lainnya terkenal dengan kemacetannya. Tidak hanya mobil tapi motor pun bisa mengalaminya. Pada saat macet, mesin motor tetap berputar. Inilah alasan mengapa saya melakukan seperti tadi.
Ini merupakan komponen terpenting ke-dua yang mesti diperhatikan. Fungsi oli itu kurang lebih adalah sebagai cleaning, cooling, cushioning, and lubrication. Disini saya tidak akan membahas fungsi2 itu secara detail. Rekomendasi dari pabrik untuk penggantian oli mesin adalah sekitar 2000 sampai dengan 2500 km (besaran bervariasi tergantung merk motor). Kalau berdasarkan pengalaman dan yang telah saya praktekkan, maka saya melaksanakan penggantian oli mesin setiap 1200 s.d. 1700 km. Walah… bukannya kalau kaya gitu jauh lebih boros? Weits ntar dulu…kenapa? Karena jakarta atau kota2 besar lainnya terkenal dengan kemacetannya. Tidak hanya mobil tapi motor pun bisa mengalaminya. Pada saat macet, mesin motor tetap berputar. Inilah alasan mengapa saya melakukan seperti tadi.
Apabila motor anda jarang digunakan, maka
disarankan untuk mengganti oli per 3 bulan (istilahnya kena calendar
time). Kenapa juga sih per 3 bulan? Karena kalau oli tersebut sudah di
pergunakan untuk melumasi mesin, biasanya sedikit bersifat asam/ acid.
Asam itu apabila terkena metal dan bereaksi dapat menyebabkan korosi.
Ini juga dapat merusak mesin. Oleh karena itu ganti oli anda per 3 bulan
apabila kilometernya tidak mencapai 1200 atau 1700. sebagai contoh
nyata dengan perlakuan ini umur plat kopling basah (seperti motor bebek)
dapat lebih dari 5 – 6 tahun (rata2 umurnya antara 3 sampai 4 tahun;
harganya sekitar 300 – 500 ribu rupiah).
Trus oli apa sih yang sebaiknya di pakai?
Kalau untuk yang ini sebaiknya anda bereferensi kepada manual dari
pabrik. Jangan pernah di turunkan misalnya dari 20W 50 ke 10W 40 karena
itu akan mempengaruhi tingkat keausan dari komponen mesin yang berputar
dan bergesekan, walaupun katanya dapat memperingan tarikan (mesin jadi
enteng).
Cara mengganti oli yang benar adalah
sebagai berikut: Panaskan mesin motor anda kurang lebih selama 5 menit.
Setelah itu drain/ buang oli lama anda. Untuk memastikan oli lama sudah
keluar semuanya, lakukan cranking/ putar mesin anda dengan menggunakan
foot starter beberapa kali. Boleh menggunakan electric starter tapi
dibatasi. Setelah itu masukkan oli baru. Yang perlu di perhatikan disini
adalah pada saat kita akan membuka oli baru ada baiknya kita
menggoyang-goyang kaleng oli atau botol oli tersebut (olinya di kocok2
terlebih dahulu). Kenapa? Karena biasanya di dalam oli itu ada lapisan
tipis yang sering disebut dengan “film”. film atau lapisan tipis itu
berguna sebagai pelindung mesin pada saat bergesekan. Kalau kita beli
oli biasanya film yang ada di dalam oli itu pada ngumpul di bawah.
Secara kasat mata film atau lapisan tipis itu tidak kelihatan. Dengan di
kocok2 tadi film tersebut akan tercampur kembali dengan baik (ini saya
ambil dari arahan untuk penggantian oli di pesawat terbang). Setelah itu
barulah oli tersebut dimasukkan ke dalam mesin. Sebelum di start, ada
baiknya pergunakan starter kaki beberapa kali untuk mensirkulasikan oli
baru ke bagian2 mesin anda. Barulah setelah itu nyalakan mesin anda
selama beberapa menit.
Oh iya hampir kelupaan. Tutup oli itu
sebaiknya di kencangkan hanya dengan tangan. Tidak perlu mempergunakan
alat seperti tang (biasanya kalau anda bawa motor anda untuk service
rutin, mekaniknya akan melakukan hal tersebut; maksudnya tutup oli
dikencangkan dengan tang, coba deh perhatikan). Kenapa? Karena
pengecekan kuantitas oli itu sebenarnya masuk dalam pre-start check
(check yang harus anda lakukan sebelum mesin dihidupkan). Jangan pernah
start mesin motor anda tanpa ada oli.
Ini yang menurut saya hal2 paling penting
yang harus diperhatikan dari mesin motor anda. Intinya hanya 2 yaitu
bahan bakar dan Oli.
Bagaimana dengan yang lainnya? Untuk
memperpanjang atau meningkatkan reliability dari komponen2 motor yang
lainnya seperti rantai dan lain2 akan di bahas pada tulisan berikutnya.
Dan ini tentunya dapat anda lakukan dengan mudah.tis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar